Kanibal Bukan Sifat Alami Kelinci

Sapronak.com - Dimulai dari pengertian dahulu, kanibal merupakan sebuah fenomena di mana satu makhluk hidup makan makhluk sejenis lainnya. Pernahkah kalian menjumpai pada kelinci, terutama indukan kelinci terhadap anaknya yang baru lahir.

Tidak bisa dipungkiri memang jika kita pernah pelihara kelinci setidaknya kita pernah melihat kelinci memakan anaknya, tapi apakah hanya kelinci saja yang mengalami hal seperti itu? Pernah kalian melihat ayam memakan telurnya? Sapi memakan anaknya yang baru lahir?

Semua bisa terjadi tidak hanya pada hewan tetapi manusiapun juga, oleh sebab itu kita tidak bisa mengatakan kanibal merupakan sifat alami kelinci, tetapi kita harus tahu apa sih penyebabnya, mana mungkin kelinci bisa memakan anaknya sendiri tanpa sebab yang pasti, manusia saja bisa memakan manusia

Dalam ilmu teori yang pernah saya pelajari banyak sekali yang mempelajari kelinci mempunyai sifat kanibal, tetapi dalam ilmu lapangan sesuai pengalaman saya tidak seperti yang ada dalam teori, kanibalisme merupakan hal yang 90% mustahil, kelinci memakan anaknya sendiri merupakan bentuk kasih sayang kelinci pada anaknya, percayakah kalian?

Banyak hal yang sudah saya coba contohnya memegang anakan kelinci yang baru lahir pada kenyataannya tidak seperti omongan kebanyakan orang yang tidak membolehkan memegang anakan yang baru lahir dengan alasan bau tangan nanti bisa dimakan indukannya karena bau anaknya sudah tidak tercium, kalian percaya? Yah jika kalian seorang peternak tentu akan tahu bahwa kelinci juga mempunyai insting dan indra penciuman terhadap majikannya sendiri, jadi disini komunikasi antara peternak dan ternak sangat diutamakan.

Sering-seringlah kalian memegang kelinci saat kalian memberi pakan terhadap kelinci dan cobalah ketika indukan kelinci melahirkan, coba pegang anakannya dan buktikan apakah nantinya akan dimakan ataukah tetap induk mau menyusui anakannya dan bertahan hidup sampai dewasa,,saya yakin indukan tidak akan memakan anaknya karena bau sang peternak sudah dikenali.

Kembali kemasalah kelinci yang memakan anakannya merupakan bentuk kasih sayang, ya sangat betul memang apabila kalian pernah menjumpai anakan kelinci yang baru lahir kemudian kalian tahu bahwa anakan tersebut cacat, maka tidak selang lama indukan kelinci akan memakannya, kasih sayang induk kelinci yang tahu bahwa nantinya sianak cacat dan kesulitan dalam menyambung hidup maka dengan sang insting induk, anakan tersebut akan dimakannya, catatan ini bukan merupakan sifat kanibalisme, mungkin kalian tidak tahu dan sangat jarang memperhatikan kondisi hal yang seperti ini.

Kenapa saya mengatakan kanibalisme merupakan hal yang 90% mustahil terjadi pada kelinci, karena dalam hal pakan, lingkungan dan komunikasi peternak-ternak sangatlah berpengaruh, apabila ketiga hal tersebut terpenuhi maka tidak akan mungkin kanibalisme terjadi. Saya tidak akan menyinggung lebih dalam terhadap kebutuhan pakan yang diberikan, karena apabila kalian memberi pakan cukup terhadap hewan ternak pasti tidak akan terjadi yang namanya kanibalisme.
Load disqus comments

0 komentar