Cara Mengobati Penyakit Gudik Atau Scabies Pada Ternak

Penyakit Ternak - Scabies merupakan penyakit kulit pada hewan (kelinci, kucing, kambing, babi dan sapi) yang di sebabkan oleh tungau (kutu) yang sangat kecil yang berukuran 0,2 -0,4 mm. Tungau sarcoptes hidup di bawah permukaan kulit dengan membuat saluran-saluran dan lubang untuk meletakkan telur-telurnya.
obat gudik untuk kelinci
Gudik
Setelah bertelur beberapa kali, tungau betina mati.telur-telur tersebut akan menetas dalam waktu 3-8 hari dan menjadi larva yang berkaki enam. Selanjutnya larva ini akan terus tumbuh dan menjadi nimfa yang berkaki delapan. Nimfa yang sudah dewasa akan berganti kulit menjadi tungau dewasa. tungau betina akan bertelur sepanjang hidupnya. Tungau dewasa melakukan perkawinan dan proses daur hidup berulang kembali. Satu siklus hidup memerlukan waktu 2-3 minggu.

Penanganan yang dilakukan ketika menjumpai ternak gudiken yaitu bisa dengan cara injeksi/ suntik dan dengan cara oles menggunakan salep. Berbagai pengalaman selama saya beternak kelinci ketika terkena gudik, hal yang paling berhasil dan paling cepat penyembuhannya yaitu dengan cara injeksi menggunakan obat wormectin.
Jual Wormectin Obat Scabies ( Jamur Kutu Gudik Kudis )
Efek dari pengobatan secara injeksi akan terlihat antar 3-4 hari pasca penyuntikan yang di tandai dengan rontoknya scabies pada bagian yang terserang. Pengobatan sebaiknya di lakukan kembali setelah 10-14 hari kemudian. Pengobatan bisa di lakukan setiap 3 bulan sekali atau jika ada tanda-tanda tungau scabies mulai menyerang.

Cara Penyuntikan/ Injeksi.

Disuntikkan dibawah kulit, tidak mengenai daging.
Caranya kulit seperti dicubit, tetapi yang tebal. Kemudian disuntikkan dibagian yang dicubit. Suntikan tidak terlalu dalam, hanya dibawah kulit. Hewan tidak merasa sakit.
Load disqus comments

0 komentar